Petani Pulang Pisau Diminta Kelola Sektor Pertanian Baik

Sehingga populasi hama menjadi tidak terkendali dan bermutasi menjadi hama dengan imunitas lebih kuat yang karenanya dosis pestisida setiap setahun juga meningkat. Menurut Awak Kesehatan Dunia penggunaan pestisida menyebabkan jutaan orang terpapar racun pestisida dan puluhan ribu di antaranya mati setiap tahunnya. Sayangnya cerita positif pertanian alami tadi belum mampu menggerakkan jamaah lain untuk mengikuti jejak bertani alami. Alasan yang disampaikan oleh mereka dalam belum mau bertani alami sangat beragam, di antaranya adalah ribet, tidak praktis, khawatir hasilnya akan menurun, gagal panen, keluarga (istri / suami / jamaah tua) tidak mendukung, tidak istikamah, tidak telaten. Pertanian alami atau pertanian organik, pertanian ramah lingkungan, pertanian berkelanjutan, dan berbagai ragam istilah lainnya sudah dikembangkan dan dikampanyekan lebih dri satu dekade terakhir.

Salah satu customer biogas yang berhasil menggunakan bio-slurry sebagai penopang pertaniannya, Benua Antartika, termasuk millennial yang tak hanya berperan dalam pertanian namun pun mitigasi krisis iklim dengan biogas. Benua dan keluarga memiliki usaha yang diberi nama Hamengku Sekaring Bhumi Farm. Selain itu pun menanam dan menjual rumput odot yang dipupuk bio-slurry padat untuk pakan sapi perah. Yang menjadi keunggulan, Petani Pengusaha Millennial ialah petani pengusaha namun kategori umur rata-rata dibawah 45 tahun dan sebab tersebut digolongkan millennial.

Proses transformasi pengetahuan kadang luput dari upaya membangun kesadaran kolektif dan pembaharuan bahwa manusia hidup selaras dengan alam raya, berdampingan dengan makhluk lainnya. Kesadaran kolektif pembaharuan ini juga mencakup tentang relasi kultural dan relasi structural yang berkaitan dengan kebijakan negeri termasuk pengaruh global dalam dalamnya. Fakta lainnya ialah bahwa pupuk yang digunakan selain hanya berfungsi tuk tanaman juga mengakibatkan tanah menjadi tidak subur akibat matinya jasad renik dalam dalam tanah. Lalu Pestisida, herbisida, fungsisida dan sida-sida lainnya mengakibatkan banyak musuh alami hama yang mati.

Perampasan serta penguasaan tanah oleh pemodal dilakukan melalui alih fungsi lahan, ribuan kasus sengketa agraria sampai hari di sini. masih belum selesai. Pelosok yang sesuai amanat konstitusi menguasai tanah, air lalu seisinya untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat justru memfasilitasi afin de pemodal untuk mengusir pra petani penggarap dari lahannya. Banyak sudah pelatihan-pelatihan, kemampuan, atau sharing informal, getok tular sebagai proses transformasi pengetahuan, berbagi pengalaman dan ketrampilan. Namun hal itu sering tidak disertai transformasi nilai, tidak dibarengi dengan proses membangun kesadaran diri sebagai ciptaan, sebagai petani.

Sudah tak terhitung pelatihan pertanian alami yang pernah diadakan, baik oleh pemerintah, LSM maupun swadaya kelompok tani. Kusaeri juga menambahkan, alif fungsi lahan seharusnya memperhatikan sejumlah hal, salah satunya keseimbangan alam dan memberikan manfaat seluas luasnya untuk masyarakat. “Perda beserta turunannya ialah panduan pemerintah dan masyarakat suatu daerah, dalam memutuskan arah dan tujuan pembangunan yang berkelanjutan, ” ungkapnya kembali.

Amran mencontohkan oleh penggunaan teknologi informasi dapat mengurangi perbedaan harga komoditas dari petani ke konsumen. Dia mencontohkan harga bawang saat ini di lapangan Rp15 ribu per kilogram, tetapi setelah sampai di perkotaan mencapat Rp 50 ribu tiap kilogram.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>