Berbagai Macam Jenis Paku dan Fungsinya

Jenis Jenis Paku

Biasanya paku yang terbuat dari besi biasa digunakan untuk memaku kayu, triplek, papan, sementara yang terbuat dari besi baja umumnya digunakan untuk dinding beton, atau benda yang lebih keras dari papan. Paku memiliki banyak ukuran yang dipasarkan mulai dari ukuran besar maupun kecil sesuai dengan kebutuhan dari tukang ataupun para pengrajin, setiap pembangunan dengan memanfaatkan kayu atau sejenisnya sudah pasti paku akan menjadi bahan yang paling digunakan karena bertujuan untuk menyatukan dua benda tersebut. Paku Beton atau yang disebut juga dengan Paku Cor atau Paku Ulin, berbeda dengan paku besi yang biasanya dipakai untuk material kayu, paku beton biasa dipakai untuk dinding beton atau material lain yang keras seperti Kayu Ulin. Fungsi paku kayu sangat banyak sekali, untuk memaku papan, triplek, kayu balok dan kebutuhan pemakuan material kayu jenis lain, hampir semuanya menggunakan paku jenis ini.

Paku ini bisa digunakan untuk memaku kayu balok, tripleks, papan, dan kebutuhan pemakuan material kayu jenis lainnya. Harga paku beton tentu saja lebih mahal dari pada harga paku gypsum  paku besi untuk kayu karena memiliki kekuatan yang lebih baik. Untuk material yang lebih keras dari kayu, seperti misalnya tembok atau lempeng besi, jenis paku beton atau yang terbuat dari baja bisa menjadi pilihan utama.

Sementara untuk kegunaannya jenis paku dibagi menjadi tiga, yakni paku kayu, paku beton dan paku seng Paku kayu dipakai untuk menyambung material-material yang dibuat dari kayu ataupun triplek. Kita pasti akan membutuhkan paku untuk memaku beberapa material seperti kayu sebagi pengukuran jarak yang sudah di perhitungkan dan ketinggiannya. Akan tetapi di dunia rekayasa atau dunia engineering, ada slogan yang mengatakan “Kalau bisa pakau material dengan kekuatan sedang dan harga lebih murah, ngapain harus pakai material yang berkekuatan tinggi dengan harga yang mahal”, dengan kata lain Kalau bisa pake paku kayu, kenapa harus paku beton :).

Hampir semua jenis konstruksi membutuhkan paku sebagai alat bantu proses konstruksi, pembangunan apapun seperti rumah, hotel, apartemen, gedung pencakar langit, jembatan besi, jembatan kayu, dan bangunan jenis lain semuanya pasti menggunakan paku. Papan bangunan ini bermacam-macam jenisnya, antara lain papan lantai, sliding plank (tekstur kayu), papan untuk dinding luar, partisi dan plafon. Sesuai namanya, paku beton bisa melubangi dinding beton yang keras hingga kayu yang kuat.

Mulai dari memaku papan, triplek, kayu balon dan semua kebutuhan lain yang berkaitan dengan memaku kayu menggunakan jenis paku ini. Hampir semua jenis konstruksi membutuhkan paku sebagai alat bantu proses konstruksi, pembangunan apapun seperti rumah, hotel, apartemen, gedung pencakar langit, jembatan besi, jembatan kayu, dan bangunan jenis lain semuanya pasti menggunakan paku. Paku besi biasanya digunakan untuk melekatkan material berbahan dasar kayu, seperti papan kayu atau tripleks.

Mulai dari memaku papan, kayu balok, triplek dan semua kebutuhan yang berkaitan dengan memaku kayu menggunakan jenis paku ini. Selain digunakan untuk memaku beton, paku ini juga bisa dipakai untuk memaku tembok atau kayu yang sangat keras. Jika paku kayu terbuat dari besi, paku beton dibuat dari baja yang tidak mudah bengkok.

Jika Anda tidak kunjung berhasil melubangi dinding, mungkin Anda menggunakan paku kayu yang tidak mampu melubangi beton. – Digunakan untuk dinding beton dan material keras lainnya (seperti kayu ulin)

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>